Sunday 15 February 2015

Bulan Februari, Musim Durian Sapa Warga Ponre

PONRE, BONEBER1.COM--Memasuki bulan Februari 2015, selain musim jagung yang menyapa warga Ponre, musim durian pun turut ikut meramaikan. Seperti yang terlihat pada Ahad (15/2/15), sejumlah warga mulai memetik buah durian milik mereka.

Salah satuhnya, Ari, yang memetik buah duriannya, " Iya, hari petik satu pohon durian, karena satu pohon ini sudah banyak yang jatuh buahnya, jadi buah-buahnya sudah hampir sudah matang semua, jadi hari ini (Kemarin Red.) saya petik semua buahnya. Selain karena hal itu, rumah saya juga jauh dari sini, jadi tidak bisa pulang balik ke sini." ungkapnya saat ditemui di kebun miliknya yang berlokasi di sekitaran Desa Patimpa, Ahad siang.

Lanjutnya, banyak buah durian yang rusak atau busuk disebabkan diserang hama seperti ulat penggerek, sehingga terkadang ada buahnya itu yang rasa pahit karena terkontaminasi olet ulat-ulat penggerek itu. Menurutnya, buah durian ini adalah buah kontroversial, dikarenakan banyak yang suka buah yang berduri ini, tapi, tak sedikit orang yang malah muak aromanya yang khas itu.

Menurut sejumlah sumber, Durian ini memiliki nama latin yakni Durio Zibethinus, durian. Pohon durian memiliki tinggi 25-50 meter tergantung spesiesnya. Buah durian sendiri bertipe kapsul dengan panjang 25 cm dan berdiameter 20 cm. Pada umumnya berat buahnya dapat mencapai 1,5 sampai 5 kg. Masa pemasakan buah durian memerlukan waktu setidaknya 4-6 bulan setelah pembuahan.

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com