Saturday 21 March 2015

Warga Ponre "Cepu" Kacang Tanah

PONRE, BONEBER1.COM--Setelah jagung, kacang hijau, dan kedelai masa panennya menyapa warga, khususnya bagi warga yang bertempat tinggal di sekitaran Kecamatan Ponre. Kini giliran tanaman yang berasal dari benua Amerika ini yakni kacang tanah yang telah memasuki masa petiknya atau dalam istilah lokalnya adalah "cepu".

Seperti yang terlihat beberapa hari yang lalu, beberapa warga sibuk memanen tanaman yang memiliki tinggi 30 hingga 50 cm dengan daun-daun kecil tersusun mejemuk ini. Sebuk saja Alam, salah seorang petani yang berdomisili di Desa Pattimpa, Kec. Ponre itu memanen kacang tanah miliknya.

Menurutnya, areal yang ditanami tanaman yang berasal dari negara Brazil ini hanya dua petak sawah saja dengan ukuran sedang. "Saya hanya menanam dua petak sawah saja, tapi ukurannya agak luas sedikit," tuturnya saat awak media berkunjung ke rumahnya sambil memetik kacang tanah miliknya.

Lanjutnya, menanam kacang tanah tidak terlalu sulit atau dengan kata lain menanamnya mudah. Petani kacang tanah hanya perlu sering membajak agar tanahnya lebih gembur sehingga pertumbuhan kacang tanah lebih cepat dan memiliki buah yang baik. Tambahnya, tanaman yang memiliki nama latin Arachis Hypogaea L ini tidak memerlukan penyemprotan pestisida.

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com