Monday 9 March 2015

Camat Kahu Ungkap Sejarah Latemmu Page

KAHU, BONEBER1.COM--Jum'at, 6 Februari 2015, Camat Kahu, Andi Ilham, S.Ip menyaksikan latihan persiapan laskar Latemmu Page di lapangan sepak bola PalattaE. Pasukan laskar Latemmu Page yang akan ikut memeriahkan Hari Jadi Bone berasal dari pendidikan dan masyarakat di 19 desa dan satu kelurahan.

Camat Kahu, sedikit mengupas sejarah Latemmu Page. Laskar tersebut merupakan bagian dari laskar Awang Tangka. Pada tahun 1905 pecah perang antara pasukan Kerajaan Bone melawan pasukan belanda. Namun, naas pada waktu itu Pa Benteng Petta Punggawae gugur dalam perang tersebut. Pada saat itu Raja Bone Lapppawawoi Karaeng Sigeri mengatakan "Rumpani Bone" dan mengambil keputusan memerintahkan seluruh panglima perang untuk menyerahkan diri pada Belanda.

"Namun, pada saat itu tidak dipatuhi oleh Latemmu Page yang merupakan panglima perang Bone Selatan, bahkan ia memilih bergerilya bersama pasukannya, daripada harus tunduk pada belanda, ia juga Arung Labuaja pada saat itu, bahkan bergerilya sampai ke Sinjai," cerita Camat Kahu.

Lanjutnya, masyarakat Bone Selatan khususnya Kahu Labuaja patut berbangga dengan sejarah historis Latemmu Page yang tidak kenal menyerah dengan pasukan Belanda, untuk itu perlu mengangkat sejarah Arung Labuaja kepermukaan, agar generasi-generasi penerus bangsa mengenal sejarah pahlawan dan mengenang para pahlawan Bumi Arung Palakka.

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com