Thursday 18 December 2014

Lagi, Harga Jambu Mete Kembali Turun

PONRE, BONEBER1.COM--Harga sejumlah komoditas pertanian, akhir-akhir ini mengalami penurunan cukup signifikan, misalnya harga jambu mete. Seminggu yang lalu, harga jambu mete masih berkisaran Rp. 10.000- 10.250 per kilogram.

Namun harga jambu mete sekarang terjun bebas ke level Rp.9.500 per kilogram. Hal itu terlihat, Dahniar, salah seorang warga Desa Bolli menjual jambu mete miliknya kepada pedagang. Dia mengeluhkan karena harga jambu mete terus menurun dari hari ke hari.

 "Turun lagi harganya, minggu lalu saya jualkan Rp.10.000 per kilonya, ini pedagang hanya bisa membeli Rp.9.000/kilonya, ini hanya delapan kilo saja, tak cukup seratus ribu hasil jualnya," ungkapnya saat ditemui di depan rumahnya, Kamis (18/12). Menurut salah satu pedagang, harga jambu mete akan terus menurun. "Jika berdasarkan pengalaman yang dulu-dulu, jika harganya sudah turun, sangat susah naiknya kembali, jika saya beli ini Rp.10.000/kilogram, saya tak dapat apa-apa karena saya menjual segitu," ucap Pedagang tersebut

sembari menimbang jambu mete yang dibelinya. Turunnya harga biji jambu mete ini biasanya karena perilaku para tengkulak yang sering mempermainkan harga saat musim panen tiba. Meskipun kondisi harga biji jambu mete anjlok, namun Sejumlah petani mengaku terpaksa melepaskan hasil pertanian mereka karena terdesak beban ekonomi yang kian tinggi.

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com