Tuesday 17 February 2015

Cara Tracking Satelit OPTUS, Cara Mencari Satelit OPTUS, Cara Lock Satelit OPTUS

TIPS, BONEBER1.COM--Satelit OPTUS bisa di lock di beberapa wilayah di Indonesia dengan menggunakan minimal Dish Solid 6 Feet serta menggunakan LNB KU Band Prime Fokus di antara nya semua wilayah di Pulau Jawa, Bali, Pulau Timor dan sebagian Pulau Sulawesi serta Lampung, sedangkan untuk Pontianak bisa di lock dengan menggunakan Dish Solid 8 Feet merek YURI dengan LNB KU Band Prime Fokus, untuk wilayah lain nya sangat sulit untuk mendapatkan Signal dari Satelit OPTUS ini karena sudah sangat jauh dari Beam / Area Pancar dari Sat OPTUS ini, namun kalau mempunyai Dish Solid yang memadai tidak salahnya untuk mencoba.

Satelit OPTUS ini di gunakan oleh TV Australia baik yang Pay TV maupun yang FTA, yang sangat menarik dari satelit ini adalah tayangan Bola berbagai Liga-Liga TOP Eropa dan Liga-Liga kelas dunia yang bisa di saksikan secara gratis alias FTA dan terlengkap tayangan-nya dan tentunya ada yang bening-bening juga pada satelit ini sebagai selingan

OK langsung saja ke pembahasan-nya, Artikel Cara Tracking Satelit OPTUS ini Kiriman dari Mas Andrew Konawe (Sulawesi Tenggara)

Peralatan yang wajib disediakan adalah :

Dish Solid Minimal 6 Feet

LNB KU Band Prime Fokus

Yang saya gunakan sekarang :



Dish Solid 195 cm merek Andrew USA (6,5 Feet)

Dish Solid

Fiber 195 cm merek Andrew USA di Posisi Sat OPTUS

Dish Solid

Fiber 195 cm merek Andrew USA di Posisi Sat OPTUS

LNB KU Band

Offset modif dengan tujuan, membuktikan bahwa LNB Band yang murah bisa

lock satelit out of beam (Cara modifnya bisa di baca DISINI)

LNB KU Band Offset Modif Prime Fokus

LNB KU Band Offset Modif Prime Fokus

Pencarian Dasar Untuk Lock OPTUS :

Pointing Dish / Parabola dari Satelit Chinasat 6B sampai Intelsat 19 dan usahakan Dish / Parabola 1 garis / sejajar dengan kedua satelit tersebut. Pointing-nya pakai Receiver Mp2 dan LNB C Band. Kalau dish sudah benar-benar matching /tepat.

Terus ganti LNB C Band dengan LNB KU Band. Arah konektor ke TIMUR LAUT atau antara TIMUR dan UTARA, itulah ramuannya

Selanjutnya, terlebih dahulu lock Optus C1/D3 at 156.0°E, masukkan Freq 12053 V 27799, dari Posisi Satelit Intelsat19, gerakkan dish perlahan ke BARAT sambil melihat pergerakan signal. Atur lnb hingga signal maksimal

Selanjutnya, kalau signal sudah maksimal, masukkan Freq 12407 H 12600, ini adalah freq Optus D1 at 160.0°E, gerakkan dish perlahan ke barat sambil melihat pergerakan signal dan pada tahap ini diperlukan kesabaran extra sebab signal Optus D1 agak minim. Tapi bila semua sudah sesuai prosedur maka, Optus D1 langsung lock.

Freq Terkuat OPTUS :

Optus D1 at 160.0°E, SBS ONE Freq 12407 H 12600

SBS TWO at Sat OPTUS D1 Freq 12407 H 12600
SBS TWO at Sat OPTUS D1 Freq 12407 H 12600
SBS HD Freq 12407 H 12600 at Sat OPTUS D1 SBS HD Freq 12407 H 12600 at Sat OPTUS D1 dengan Dish Alloy 185cm, LNB KU Band
Offset mumer Lokasi Konawe
OPTUS C1/D3 at 156.0°E, Al Jazeera Freq 12136 V 27800

Trik memaksimalkan posisi LNB pada dudukan Scalar Ring



Trik yang biasa saya pakai dalam meng-ajust LNB, arahkan dish pada sat paling TIMUR atau BARAT agar LNB mudah di jangkau, pilih channel yang kuat SQ nya, atur LNB naik-turun, putar kiri-kanan sambil melihat pergerakan signal.

2 comments:

  1. Sekedar berbagi pengalaman:

    Tips menaikan signal quality dengan meng-adjust LNB nya sama dengan seperti yang selalu saya lakun dari dulu, yang beda cuma pada pemilihan frek/TP. Yang saya lakukan biasanya untuk TP yg kuat dipakai untuk pancingan awal saja dan yang paling menentukan biasanya selalu saya gunakan adlh TP yang SQ sedang ke tinggi, misal kalau C-Band di rentang freq 4000-4080 SR 26000-29000 karena feq tsb biasanya SQ paling mudah dikendalikan. Jika pakai TP terkuat biasanya hanya dia sendiri yg paling max sedang yang lain belum mencapai SQ optimal yg sebenarnya, namun jika TP yang kecil SQ dimaksimalkan justru yg lain jadi sedikit menurun. Maka saya selalu mengambil jalan tengahnya biar adil & SQ yg diperoleh bisa sama2 max hasilnya yaitu optimalkan yg medium.

    ReplyDelete
  2. Bagi saya hal ini sungguh sangat bermanfaat sekali, terimakasih yah telah berbagi informasi...

    o iya ijin berbagi juga yah sahabat, tentang Harga Polycarbonate Perlembar Paling Baru 2016,rumahminimalisok.com semoga bermanfaat yah...

    ReplyDelete

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com