Monday 16 February 2015

Ini Alur Proses Penerimaan Naskah Oleh Penerbit Sampai Terbit Menjadi Sebuah Buku

BONEBER1.COM--Hal yang paling dasar yang perlu diketahui oleh rekan-rekan penulis yang berniat mengirimkan naskahnya ke penerbit adalah mengetahui proses perjalanan sebuah naskah sampai terbit menjadi sebuah buku. Pada dasarnya alur proses penerimaan naskah oleh Bpenerbit sampai terbit menjadi sebuah buku tidaklah serumit yang kita bayangkan, proses yang berjalan kurang lebih sebagai berikut :

1. Naskah yang dikirim penulis diterima oleh penerbit.

2. Naskah di baca dan di evaluasi oleh penerbit (biasanya oleh redaksi/bagian penerimaan naskah).

3. Naskah dinilai dari berbagai faktor, diantaranya relevansi dengan visi/misi, branding perusahaan, tema dan isi naskah, cara penyajian, kelengkapan sumber data/referensi, marketibilitas, originalitas, profil penulis, cost of making, tingkat kerumitan teknis penerbitan, dsb.

4. Untuk naskah yang tidak lolos biasanya dikembalikan ke penulis (catatan: ada juga naskah penulis yang tidak dikembalikan dan lebih parah lagi tidak ada respon sama sekali dari penerbit, sombong banget ya tuh penerbit).

5. Untuk yang lolos seleksi, naskah masuk proses legalisasi (perijinan seperti ISBN, dsb), kemudian proses editing (biasanya penulis diminta memperbaiki beberapa bagian yang dianggap penerbit perlu perbaikan), setelah proses final editing dilanjutkan ke proses layouting kemudian di cetak/print.

6. Nah, buku telah jadi dan siap didistribusikan.

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com