Monday 23 March 2015

Desa Mappesangka Dapat Bantuan Penangkaran Kedelai

PONRE, BONEBER1.COM--Kehadiran Kepala Pusat Litbang Kementerian Pertanian RI, DR IR Andi Syakir yang juga merupakan putra Bone dipercaya selaku penanggung jawab upaya khusus (upsus) Program swasembada Pangan Sulawesi Selatan yang didampingi Kepala Bidang Produksi Dinas Pertanian TPH Propinsi Sulawesi Selatan, Ir Haris MP, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bone, Ir H Sunardi Nurdin M.Si, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, H.Andi Sumardi Sulaiman S.Sos, M.Si, Kepala Bidang Produksi Distan TPH, Ir Andi Muh Risal,M.Si, Tim Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sudiang, Sabtu (21/3/15) di Desa Mappesangka, Kecamatan Ponre.

Kehadiran Kepala Pusat Litbang bersama rombongan tersebut membawa berkah kepada masyarakat petani Desa Mappesangka yang dimotori Kepala Desa Mappesangka, Andi Rasdi Sumange secara langsung agar diberikan bantuan penangkaran benih Kedelai di desanya. Dari pantauan Kepala Pusat Litbang bersama rombongan melihat antusiasme petani kedelai langsung merespon permintaan Kepala Desa Mappesangka, dengan mengarahkan untuk pemberian sarana berupa pembangunan gudang penampungan hasil produksi kepada Dinas Pertanian TPH Propinsi Sulawesi Selatan, dan Balai Pengkajian Tehnologi Pertanian selaku penyedia benih dan pendampingan bagi kelompok penangkaran benih kedelai seluas 25 hektar.

Menurut Tim BPTP pihaknya akan memberi pendampingan kepada petani penangkar yang terbentuk ini agar dapat menghasilkan benih bermutu kedelai. Namun, sebelum memulai kegiatan penangkaran para anggota kelompok tani penangkar akan dibekali lebih dulu melalui pelatihan untuk menambah ilmu dan wawasan petani dalam melakukan aktifitasnya kelak.

Sementara Kepala Distan TPH, Ir H Sunardi, merasa senang dan bangga atas bantuan yang diarahkan kepada petani di Desa Mappesangka sebagai penangkar benih kedelai dan sekaligus pembimbingan langsung tim BPTP Maros. "Semoga penangkaran ini berhasil agar dapat menjadi pensuplai benih kedelai, khususnya di Kabupaten Bone dan kabupaten lain pada umumnya," tuturnya

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com